BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Berdasarkan UU RI No.20 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan PP RI No 10 tahun 1999 bahwa Perguruan Tinggi dapat menyelenggaarakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan sifat pengetahuan dan tujuan pendidikan tinggi yang bersangkutan. Pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dalam upaya memberikan sumbangan demi kemajuan masyarakat.
Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan sebagai realisasi penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP) yang dimulai tahun Akademik 2004-2005. Dalam rangka Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas PGRI Palembang pada bidang pengabdian pada masyarakat mewajibkan bagi mahasiswa Universitas PGRI Palembang yang mengikuti Program Studi Strata Satu ( S1 ) mengambil mata Kuliah Kerja Lapangan ( KKL)
Pelaksanaan program Kuliah Kerja Lapangan pada Perguruan Tinggi adalah salah satu kegiatan yang berbentuk pengabdian Mahasiswa dalam memperdalam dan menerapkan pengetahuan teori maupun praktek sesuai dengan program studi yang diikutinya. Dengan menjadi tenaga yang mempunyai kompotensi professional dibidangnya, mahasiswa mampu menerima dan mengembangkan serta meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan visi dan misi Universitas PGRI Palembang.
Adapun yang menjadi dasar pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan yaitu:
1. UU NO 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. UU NO 60 Tahun 1999 tentang Perguruan Tinggi
3. UU NO 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
4. Program Kerja Universitas PGRI Palembang tahun 2009
B. Rencana Kegiatan
Adapun yang menjadi rencana kegiatan kuliah kerja lapangan yang dilakukan oleh Universitas PGRI Palembang yaitu semua bagian administrasi baik perkantoran maupun sekolah.
Yang menjadi bagian Administrasi perkantoran yaitu:
1. Tata laksana perkantoran
2. Administrasi kepegawaian
3. Administrasi sarana dan prasarana
4. Administrasi keuangan
Yang menjadi bagian Administrasi sekolah yaitu:
1. Administrasi kurikulum
2. Administrasi personal sekolah/pegawai
3. Adminstrasi kesiswaan
4. Administrasi tata usaha
5. Administrasi sarana dan prasarana
6. Administrasi keuangan
7. Administrasi hubungan sekolah dan masyarakat
8. Administrasi penunjung
C. Sasaran Kegiatan
Sasaran yang ingin dicapai dalam kuliah kerja lapangan adalah:
a. Menciptakan pribadi calon sarjana Universitas PGRI Palembang yg memiliki seperangkat ilmu pengetahuan, pengalaman, keterampilan, nilai dan sikap, yg kompetitif, berkepribadian unggul, mandiri, produktif, kreatif, dan tidak pernah putus asa
b. Menciptakan calon sarjana Universitas PGRI Palembang yang Profesional Menguasai materi perkuliahan secara luas dan mendalam, baik secara teori maupun praktek, sehingga mempermudah dalam menghadapi dan memecahkan masalah
c. Menciptakan Calon Sarjana Universitas PGRI Palembang, menguasai seperangkat ilmu pengetahuan tentang administrasi pendidikan atau sekolah dan administrasi perkantoran sesuai dengan bidangnya.
D. Tujuan Kegiatan
Menyiapkan Mahasiswa untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dalam menerapkan, mengembangkan, dan memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi.
Melaksanakan Pengabdian Pada Masyarakat, dimana Mahasiswa dapat mengaplikasikan secara langsung pengetahuan dan keterampilan sebagai upaya menyukseskan pembangunan bangsa.
Meningkatkan kerjasama antara Univ PGRI Palembang dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah atau Lokasi ber-KKL dlm melaksanakan pembangunan
E. Manfaat Kegiatan
Melalui kegiatan Kuliah Kerja Lapangan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Mahasiswa Universitas PGRI Palembang, antara lain :
1. dapat memberikan hasil kerja yang baik dalam jumlah yang optimal melalui pelaksanaan keja yang efektif dan efisien.
2. mampu mengembangkan kepercayaan dan dapat memberikan bukti berupa hasil kerja.
3. peka dan mampu dengan segera menindak lanjuti tuntutan yang selalu berubah.
4. berkeinginan untuk selalu menambah dan memperluas wawasan, pengetahuan, dan pengalaman.
BAB II
KEADAAN UMUM
A. Struktur Organisasi
Struktur organisasi SMP Yanitas, sama dengan sekolah SMP lainnya. Ada Kepala sekolah, Wakil kurikulum, Wakil kesiswaan, Bendahara, bagian UPT dan Guru. Seperti terurai berikut:
1. Ahyauddin, S.Pd : Kepala Sekolah
2. Dra. Nuryanah : Waka. Kurikulum
3. Zulkipli, S.Hi : Waka. Kesiswaan
4. Yanti : Guru DP
5. Roaini : Guru DP
6. Dra. Rohana M : Guru DP
7. Aditia Jaya, S.Pd : Guru DP
8. Drs. M. Ali Hanafiah : Guru
9. Dra. Faridah : Guru
10. Nurhayati, Bsc : Guru
11. Rahmayana, S.Ag : Guru
12. Monalisa, SH : Guru
13. Edi Aliansyah : Guru
14. Dra. Roza Novel M : Guru
15. Kasmiyani, S.Si : Guru
16. Agtarini W, S.Pd : Guru
17. Fatrianah, S.Th.I : Guru
18. Rohana A.Ma : Guru
19. Drs. Almuhsinin : Guru
20. Tisna Satya Pn : Guru
21. Fitriani, S.Pd : Guru
22. Irma Yuliani, S.Pd : Bendahara
23. Iswahyudi, A.Md : TU
B. Tugas dan Fungsi Pegawai
Setiap pegawai memiliki tugas dan fungsinya masing-masing, antara lain:
1. Kepala Sekolah
Kepala Sekolah berfungsi dan bertugas sebagai edukator, manajer administrasi dan supervisor, pemimpin / leader inovator, motivator.
1.1. Kepala Sekolah selaku Edukator
Kepala Sekolah selaku educator bertugas melaksanakan proses belajar, mengajar secara efektif dan efisien.
1.2. Kepala Sekolah selaku Manajer, mempunyai tugas;
a. Menyusun Kerencanaan
b. Mengorganisasikan Kegiatan
c. Mengkoordinasikan Kegiatan
d. Mengarahkan Kegiatan
e. Melaksanakan Pengawasan
f. Melakukan Evaluasi terhadap kegiatan
g. Menentukan Kebijaksanaan
h. Mengadakan Rapat
i. Mengambil Keputusan
j. Mengatur Proses Belajar Mengajar
k. Mengatur Administrasi Ketatausahaan Siswa, Ketenagaan Sarana dan Prasarana, Keuangan
l. Mengatur Organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS )
m. Mengatur Hubungan Sekolah dengan masyarakat dan instansi terkait
1.3. Kepala Sekolah selaku Administrator, bertugas menyelenggarakan Administrasi;
a. Perencanaan
b. Pengorganisasian
c. Pengarahan
d. Pengordinasian
e. Kepegawaian
f. Kurikulum
g. Kesiswaan
h. Ketatausahaan
i. Ketenagaan
j. Kantor
k. Keuangan
l. Perpustakaan
m. Laboratorium
n. Ruang Keterampilan
o. Bimbingan Konseling
p. Unit Kesehatan Sekolah
q. Organisasi Siswa Intra Sekolah
r. Serba guna
s. Media
t. Gudang
u. 7.K
1.4. Kepala Sekolah selaku Supervisor bertugas menyelenggarakan mengenai;
a Proses belajar mengajar
b Kegiatan B.K
c Kegiatan Extrakurikuler
d Kegiatan Ketatausahaan
e Kegiatan Kerja Sama dengan Masyarakat dan instansi terkait
f Sarana dan Prasarana
g Kegiatan OSIS
h Kegiatan 7.K
1.5. Kepala Sekolah sebagai Pemimpin / leader;
a Dapat dipercaya, jujur dan tanggung jawab
b Memaklumi kondisi guru dan siswa
c Memiliki Visi dan memahami misi sekolah
d Mengambil Keputusan urusan intera dan exstera sekolah
e Membuat,mencari dan memilih gagasan baru
1.6. Kepala Sekolah Sebagai Inovator ,
A. Melakukan pembaruan di bidang
1. KBM
2. B.K
3. Ekstrakurikuler
B. Melaksanakan Pembinaan Guru dan Karyawan
C. Melakukan pembaharuan dalam mengali sumber daya di BP.3 dan Masyarakat.
1.7. Kepala Sekolah Sebagai Motivator
a Mengatur ruang kantor yang konduktif untuk bekerja
b Mengatur ruang kantor yang konduktif untuk KBM / BK
c Mengatur ruang Laboratorium yang konduktif untuk praktikum
d Mengatur perpustakaan yang konduktif untuk belajar
e Mengatur halaman dan lingkungan Sekolah yang sejuk dan teratur
f Menciptakan hubungan kerja yang harmonis sesama guru dan karyawan
g Menciptakan hubungan kerja yang harmonis antar sekolah dan lingkungan
h Menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman dalam melaksanakan tugasnya, Kepala sekolah dapat mendelegasikan kepada wakilnya.
2. Wakil Kepala Sekolah
2.1. Wakil Kepala Sekolah bertugas membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut:
a Menyusun, Perencanaan, Membuat program kegiatan dan pelaksanaan program
b Pengorganisasian
c Pengarahan
d Ketenagaan
e Pengordinasian
f Pengawasan
g Penilaian
h Indentifikasi dan pengumpulan data
i Penyusunan Laporan
2.2. Wakil Kepala Sekolah bertugas membantu Kepala Sekolah dalam urusan Sebagai Berikut:
2.2.1. Kurikulum
a Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
b Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran
c Mengatur penyusunan program pengajaran ( program kurikulum dan persiapan mengajar sesuai dengan kurikulum
d Mengatur pelaksanaan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler
e Mengatur pelaksanan program penilaian kriteria kenaikan kelas, kriteria kelulusan dan laporan kemajuan belajar siswa serta pembagian Raport dan STTB
f Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengajaran
g Mengatur Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
h Mengatur Pengembangan MGMPP dan kordinator mata pelajaran
i Melakukan Suvervisi administrasi dan akademis
j Mengatur mutasi siswa
k Menyusun laporan
2.2.2. Kesiswaan
a Mengatur program dan pelaksanaan BK
b Mengatur dan mengordinasikan pelaksanaan 7.K
c Mengatur dan membina program kegiatan OSIS meliputi Paskibra, Pramuka
d Mengatur Program Pesantren Kilat
e Menyusun dan mengatur pemilihan siswa teladan sekolah
f Menyelenggarakan Cerdas Cermat, Olahraga Prestasi
g Menyeleksi Calon siswa untuk di usulkan mendapatkan Beasiswa.
2.2.3. Sarana Prasarana
a Merencanakan kebutuhan sarana prasarana untuk menunjang proses Belajar Mengajar
b Merencanakan program pengadaianya
c Mengatur Pemanfaatan sarana dan prasarana
d Mengelola perawatan, perbaikan dan pengisian
e Mengatur Pembantuannya
f Menyusun Laporan
2.2.4. Hubungan Dengan Masyarakat
a Mengatur dan mengembangkan hubungan dengan BP3 dan peran BP3
b Menyelenggarakan bakti sosial, karya wisata
c Menyelenggarakan pameran hasil pendidikan di sekolah (Gebyar Pendidikan)
d Menyusun Laporan
3. Guru
Guru bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan kegiatan Proses Belajar Mengajar secara efektif dan efisien
a. Tugas dan Tanggung jawab seorang guru meliputi :
- AMP
- Program Tahunan / Semester
- Program Rencana Pengajaran
- Program Mingguan Guru
- LKS
b Melaksanakan kegiatan pembelajaran
c Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar, ulangan harian, ulangan umum, ujian akhir
d Melaksanakan analisis ulangan harian
e Menyusun dan melaksanakan program perbaikan
f Mengisi daftar nilai siswa
g Melaksanakan kegiatan membimbing (Pengimbasan Pengetahuan) kepada guru lain dalam proses kegiatan belajar mengajar
h Membuat alat pelajaran / peraga
i Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya seni
j Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum
k Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
l Mengadakan pengembangan program pengajaran yang menjadi tanggung jawab
m Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar siswa
n Mengisi dan memiliki daftar hadir siswa sebelum memulai pengajaran
o Mengatur kebersihan ruang kelas dan ruang pratikum
4. Wali Kelas
Wali kelas membantu kepala sekolah dan kegiatan-kegiatan sebagai berikut ;
a. Pengelolaan Kelas
b. Penyelenggaraan administrasi kelas meliputi
- Denah Tempat duduk Siswa
- Papan Absensi Siswa
- Daftar Pelajaran Kelas
- Daftar Piket Kelas
- Buku Absensi Siswa
- Buku Kegiatan Pembelajaran / buku kelas
- Tata tertib siswa
5. Guru Bimbingan Konseling
Bimbingan Konseling membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
a. Penyusunan program dan pelaksanaan BK
b. Koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi siswa tentang kesulitan belajar
c. Memberikan layanan dan bimbingan kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar
d. Memberikan saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai
e. Mengadakan penilaian pelaksanaan BK
f. Menyusun Statistik hasil penilaian BK
g. Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar siswa
h. Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut BK
i. Menyusun laporan pelaksanaan BK
6. Teknisi Media
Teknisi media membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a. Merencanakan pengadaan alat-alat media
b. Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan media
c. Menyusun program kegiatan teknisi media
d. Mengatur penyimpanan, pemeliharaan dan perbaikan alat-alat media
e. Inventarisasi dan pengadministrasian alat-alat media
f. Menyusun laporan permanfaatan alat-alat media.
C.KEADAAN LINGKUNGAN FISIK DAN SOSIAL
Keadaan Yayasan
a. Nama Yayasan : Yanitas
b. Alamat : Jl.Jend. Sudirman KM 3,5 Palembang
c. Luas Tanah : 6120 m
d. Luas Bangunan : 2556 m
e. Nama ketua Yayasan : Ir. Iskandar Sabirin
f. Telp : 0711315966
Keadaan Sekolah
a. Nama Sekolah : SMP Yanitas
b. NDS : K.20 111 000 27
c. NSS : 202116001084
d. SK. Izin Pendirian : 228/1 sept. 1977
e. Akreditas Tahun : 2007
f. Nilai akreditas : C
g. Status Kepemilikan Tanah : hak milik
h. Tahun Bangunan : 1978
i. Alamat Sekolah :
1. Jalan : Jenderal Sudirman
2. Kecamatan : Kemuning
3. Kabupaten : Kota Palembang
Data Kepala Sekolah
a. Nama : Ahyauddin, S.Pd.
b. Nip : 131399298
c. Status : Tetap Yayasan
d. Pangkat/Golongan : IV.A
e. SK. Pengangkatan : 06/yanitas/Sk/2003, 2 Sept 2003
f. Pendidikan Tertinggi : S1
g. Jurusan : Fisika
h. Tamatan : Universitas Sriwijaya Palembang
i. Alamat : Jl. Bougenville Blok BB 19.
j. Telp : 0711416705
SMP Yanitas memiliki 6 orang guru PNS/DPK, 1 orang pegawai tetap yayasan, 17 orang GTT dan 2 orang PTT. Selain itu, data pendidikan guru di SMP Yanitas memiliki 2 orang tamatan SMA, 1 orang PGSD/PGA, 1 orang PGSLTP/D1, 1 orang D.II, 1 orang Sarjana MUda dan 17 orang S1.
SMP Yanitas menjalin baik hubungan dengan sesama, baik ke dalam maupun keluar. Interaksi antara guru dan kepala sekolah, guru dengan guru, guru dengan murid semuanya terjalin dengan baik.
BAB III
MASALAH DAN ALTERNATIF PEMECAHAN
A. Masalah
Mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga didik belum mengetahui bagaimana cara meyusun administrasi sekolah dengan baik. Sehingga mahasiswa diterjunkan langsung ke lapangan untuk bisa melihat, mendengar dan melakukan sendiri kegiatan administrasi di sekolah.
B. Metode Pemecahan Masalah
Metode pemecahan masalah yang digunakan adalah metode penyuluhan dan observasi lapangan.
C. Jadwal Pelaksanaan
Berdasarkan jadwal pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan yang telah disepakati adalah sebagai berikut:
KEGIATAN KELOMPOK
1. Jum’at, 24 Juli 2009
a. Penyerahan mahasiswa KKL Universitas PGRI Palembang oleh dosen pembimbing ibu Rohana, S.SI kepada kepala sekolah SMP Yanitas Palembang.
2. Senin- Rabu, 27-29 Juli 2009
a. pengenalan situasi dan kondisi sekolah SMP Yanitas.
3. Kamis-sabtu, 30 Juli- 1 Agustus 2009
a. mengisi daftar piket
b. mengisi legger
c. menjilid daftar hadir siswa
d. membuat surat keterangan siswa pindah
e. membuat surat pengantar
4. Senin- sabtu, 3-8 Agustus 2009
a. menulis keadaan guru dan pegawai
b. menulis keadaan siswa
c. mengisi daftar piket
d. memindahkan data siswa ke buku induk
e. kebersihan ruang KKL
f. mengetik daftar kendali siswa
g. mengisi jam kosong
h. mengisi buku induk
i. album gambar siswa
j. menyusun abjad ijazah SD dan SMP
k. mencetak daftar kasus dan penjilidan
l. menyusun SKHUN
m. menyusun program osis
5. Senin-sabtu, 10-14 Agustus 2009
a. pembagian panitia 17 agustus
b. pelaksanaan perlombaan perayaan HUT RI
c. Rekapitulasi pemenang perlombaan
6. Senin- rabu, 15-20 Agustus 2009
a. upacara peringatan kemerdekaan republik Indonesia
b. pembagian hadiah bagi pemenang perlombaan
c. menyelesaikan administrasi-administrasi yang belum selesai
d. penyelesaian penyusunan laporan KKL
e. acara perpisahan mahasiswa KKL dengan SMP Yanitas Palembang
Bab IV
PELAKSANAAN DAN HASIL BELAJAR
A. Tahap Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan disesuaikan dengan ruang lingkup kegiatan KKL yang diantaranya adalah:
Tabel 1
Tahap Pelaksanaan Kegiatan KKL
No Hari/Tanggal Kegiatan Tempat/Ruang
1. Jumat, 24 Juli 2009 Penyerahan mahasiswa dari dosen pembimbing ke sekolah Ruang Lab.Kimia Yanitas
2. Jumat, 24 Juli 2009 Pengarahan dari pihak sekolah sekaligus menunjuk salah seorang guru sebagai Mentor Ruang kelas SMP Yanitas
3. Jumat, 24 Juli 2009 Pembagian jadwal mahasiswa KKL oleh Mentor Ruang kelas SMP Yanitas
4. 30 Juli-8 Agustus 2009 Mempelajari dan menyusun administrasi yang terdiri dari:
• administrasi kurikulum
• administrasi personal kepegawaian
• administrasi kesiswaan dan administrasi lainnya Ruang kantor guru SMP Yanitas
5. Sabtu, 08 Agustus 2009 Membuat struktur organisasi sekolah Ruang guru SMP Yanitas
6. Senin, 10 Agustus 2009 Menyusun kepanitiaan perlombaan HUT RI ke-64 Ruang guru SMP Yanitas
7. 11-14 Agustus 2009 Menjadi panitia perombaan HUT RI Lapangan SMP Yanitas
8. Sabtu, 15 Agustus 2009 Merekapitulasi pemenang perlombaan HUT RI Ke-64 Ruang guru SMP Yanitas
9. Senin, 17 Agustus 2009 Mengikuti upacara bendera peringatan hari kemerdekaan RI Lapangan upacara SMP Yanitas
10. Senin, 17 Agustus 2009 Pembagian hadiah bagi pemenang perlombaan HUT RI Lapangan SMP Yanitas
11. Kamis, 20 Agustus 2009 Penyerahan Kembali Mahasiswa KKL oleh Sekolah ke Universitas Ruang Lab.Kimia Yanitas
B. Hasil Kegiatan
Hasil yang didapat selama melakukan kegiatan KKL di SMP Yanitas Palembang diantaranya:
1. mahasiswa dapat mengetahui dan memahami bagaimana menyusun administrasi di sekolah yang baik dan benar
2. mahasiswa dapat mengetahui secara langsung situasi dan kondisi ruang lingkup pendidikan
3. mahasiswa dapat melakukan interaksi secara langsung dengan para peserta didk yang ada di smp Yanitas Palembang
4. mahasiswa juga dapat mengetahui permasalahn yang dihadapi di SMP Yanitas Palembang
5. mahasiswa juga dapat pengetahuan baru
Semua rencana kegiatan Kuliah Kerja Lapangan kelompok 279 Universitas PGRI Palembang dari tahap I sampai dengan tahap III, dari tanggal 24 Juli s/d 26 Agustus 2009 di SMP Yanitas Palembang. Tercapai dan bisa dijalankan dengan baik tanpa hambatan yang berarti. meski masih banyak kekurangan.
C. Pembahasan
Administrasi merupakan upaya menjadikan kegiatan dan kerja sama anggota organisasi serta unsur lainnya, agar menjadi lebih efektif dan efisien. Adapun administrasi pendidikan adalah upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi unsur-unsur pendidikan demi tercapainya tujuan pendidikan yang lebih baik.
Pada dasarnya administrasi pendidikan sekolah terdiri dari beberapa komponen yaitu:
1. Administrasi Kurikulum/Pengajaran
Yang dimaksud Administrasi Kurikulum/Pengajaran adalah kegiatan
dititikberatkan kepada kelancaran pembinaan situasi belajar mengajar.
Kegiatan administrasi kurikulum/pengajaran dapat dibedakan dalam 2 kegiatan :
a. Kegiatan yang erat kaitannya dengan tugas guru meliputi
• Pembagian tugas mengajar.
Pembagian tugas mengajar biasanya dibicarakan dalam rapat guru menjelang permulaan pelaksaan program baru.
• Pembagian tugas/Tanggung jawab dalam membina ekstrakurikuler.
Kegiatan ekstrakurikuler sebagai penunjang pendidikan, agar pelaksanaan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik, maka perlu adanya pembagian tugas diantara para guru disekolah.
• Koordinasi penyusunan persiapan mengajar
Penyampaian bahan pelajaran pada murid disesuaikan dengn kurikulum yang dilaksanakan. Agar persiapan m,engajar tersebut berjalan dengan lancar, maka kegitan tersebut dikoordinasi oleh kepala sekolah.
b. Kegiatan yang erat kaitannya dengan proses belajar mengajar. Kegiatan ini meliputi:
• Penyusunan jadwal pelajaran
• Program pengajaran (program tahunan),program semester, silabus RP
• Pengisian daftar kemajuan kelas
• Kisi-kisi, kartu dan kumpulan soal
• Buku laporan remedial
• Buku analisis perbaikan dan pengayaan
• Penyelenggaraan evaluasi hasil belajar
• Laporan hasil belajar
• Kegiatan bimbingan penyuluhan
Kegiatan diatas dalam pelaksanaannya harus disesuaikan dengan waktu, kondisi maupun keadaan siswa.
2. Administrasi Personal Sekolah/kepegawaian
Yang dimaksud personal sekolah diantaranya adalah kepala sekolah, guru, tata usaha, dan penjaga sekolah. Administrasi personal sekolah diantaranya adalah
• Daftar personal
Daftar personal yaitu yang memuat identitas atau keterangan lengkap tentang diri pegawai atau karyawan
• Daftar hadir guru dan karyawan
• Buku ekspedisi,
Buku ekspedisi guna buku ekspedisi ialah untuk membuktikan bahwa suatu Surat yang dikirim sudah sampai pada alamatnya
• Buku catatan rapat sekolah,
Buku ini mencatat proses maupun hasil rapat dari dewan guru
• Buku pengumuman,
Buku ini dimaksudkan untuk media pemberitahuan yang terutama ditujukan kepada guru
• Pemeliharaan gedung,
Pemeliharaan gedung sekolah dan juga prasarana pendidikan merupakan tanggung jawab kepala sekolah. Dalam pelaksanaanya kepala sekolah dapat mempercayakan kepada karyawan yang ditunjuk untuk memelihara agar terjaga dengan baik
3. Administrasi kesiswaan
Administrasi kesiswaan adalah administrasi yang menunjang kegiatan ekstrakurikuler di sekolah antara lain yaitu:
• Organisasi siswa intra sekolah
• Daftar keadaan siswa
• Daftar hadir siswa
• Buku induk siswa
• Buku klepper siswa
• Buku mutasi siswa
• Program kerja osis
• Laporan kegiatan osis
• Buku penerimaan siswa baru
• Daftar peserta ujian, data kelulusan, daftar penyerahan STTB
• Daftar penerimaan beasiswa berprestasi dan kurang mampu
• Daftar siswa yang berprestasi
• Pramuka
• Paskibraka
• Kegiatan olahraga
4. Administrasi Tata Laksana
Administrasi Tatalaksana merupakan salah satu administrasi yang berperan penting dan tercapainya tujuan pendidikan. Oleh sebab itu, administrasi tatalaksana sangat diperlukan disekolah maupun diperkantoran. Antara lain:
• Buku agenda surat keluar masuk
• Buku ekspedisi
• Buku notulen rapat dewan guru
• Buku rapat komite sekolah/wali
• Buku pengumuman
• Kumpulan arsip surat masuk dan keluar
• Buku tamu umum
• Buku pembinaan
• Program kerja siswa
5. Administrasi sarana dan prasarana pendidikan
Sarana dan prasarana pendidikan ditinjau dari pendidikan terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar dibedakan menjadi tiga yaitu:
• Alat pelajaran
• Alat peraga
• Dan media pelajaran
• Buku induk inventaris
• Buku catatan keluar masuk inventaris
• Buku rencana kebutuhan
• Buku stok barang
• Buku laporan bulanan inventaris
• Daftar inventaris tiap bulanan
• Arsip surat-menyurat panitia pengadaan, pemakaian, penghapusan barang
• Nomor inventaris disetiap barang
• Pengaturan, penyimpanan dan pemakaian barang
6. Administrasi keuangan
• RAPBS tahunan
• Buku kas induk
• Buku kas harian
• Buku catatan penerimaan uang komite tiap hari dan tiap bulan
• Buku penerimaan daerah dan pusat
• Laporan spj uang komite
7. Administrasi hubungan masyarakat
• notulen rapat pengurus sekolah
• program tahunan komite sekolah
• struktur organisasi komite sekolah
• pembagian tugas dan tanggung jawab komite
• kumpulan surat pemanggilan orang tua atau wali
• kumpulan surat kerja sama antara sekolah dengan instansi lain
8. Administrasi penunjang
• administrasi laboratorium
• administrasi perpustakaan
• administrasi bimbingan konseling
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Dengan diadakannya Kuliah Kerja Lapangan ini, dapat ditarik kesimpulan sebagi berikut:
1. KKL adalah suatu kegiatan yang sangat penting untuk Mahasiswa yang khususnya calon guru
2. Administrasi di sekolah adalah kegiatan yang sangat berpengaruh terhadap kemajuan sekolah. Jika administrasinya baik maka sekolah pun akan ikut baik
3. Mengetahui bagaimana cara menyusun administrasi di sekolah sangat penting demi untuk kemajuan pendidikan itu sendiri
4. Kuliah kerja lapangan adalah salah satu wadah untuk mahasiswa secara langsung mempelajari adminstrasi di sekolah atau bahkan belajar menghadapi siswa/i
5. Salah satu upaya meningkatkan kualitas siswa/i adalah seorang guru yang baik dan professional
B. Saran
Saran untuk SMP Yanitas:
A. Untuk menjadikan sekolah lebih bermutu, yang pertama diperhatikan adalah fasilitasnya.
B. Para guru diharapkan lebih perhatian lagi terhadap siswa-siswi untuk belajar lebih giat lagi
C. Untuk mencapai tujuan yang baik dan sesuai yang diharapkan, yang pertama adalah pelaksananya sendiri, yaitu guru dan murid
D. Para guru harus lebih bersemangat dalam menyampaikan materi kepada siswa-siswi
E. Tingkatkan lagi Iptek and Imtaq
Tidak ada komentar:
Posting Komentar