Sabtu, 24 Juli 2010
RPP KELAS IX SEMESTER GANJIL DAN GENAP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP / MTs :
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / I
Standar Kompetensi : 5. Mempraktekkan tehnik dasar renang gaya punggung dan nilai – nilai yang tekandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 5.1 Mempraktekkan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya punggung serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
5.2 Mempraktekkan tehnk dasar gerakan lengan renang gaya punggung serta nilai displin , keberanian dan kebersihan
5.3 Mempraktekkan tehnik dasar pernafasan renang gaya punggung serta nilai disiplin , keberanian dan kebersihan.
Indikator : 5.1.1 Melakukan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya punggung
5.2.1 Melakukan tehnik dasar gerakan lengan renang gaya punggung
5.3.2 Melakukan tehnik dasar pernafasan renag gaya punggung
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan tehnik dasar gerakan kaki renanga gaya punggung secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai keberanian dan kebersihan
b. Siswa dapat dapat melakukan tehnik dasar gerakkan lengan renag gaya punggung secra berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai keberanian dan kebersihan
c. Siswa dapat melakukan tehnik dasar pernafasan renang gaya punggung secara berpasangan untuk menanamkan nilai keberanian dan kebersihan.
B. Materi Pembelajaran
Renang gaya punggung
- Gerakan kaki
- Gerakan lengan
- Tehnik dasar pernafasan
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Part and whole ( bagian dan keseluruhan )
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama.
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Gerakan kaki / meluncur pandang mengadap keatas
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
Pertemuan kedua
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Gerakan lengan
- Tehnik dasar pernafasan
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
Pertemuan ketiga
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Kombinasi gerakan kaki, gerakan lengan dan pernafasan
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Kolam renag
- Buku teks
- Buku reverensi
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Melakukan renang gaya dada
Mengetahui :
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP / MTs :
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / I
Standar Kompetensi : 2. Mempraktekkan jenis latihan bebas dengan alat sederhana untuk meningkatkan kebugaran dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 2.1 Mempraktekkan jenis – jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan.
Indikator : 2.1.1 Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan ( untuk badan bagian bawah )
2.1.2 Melakukan idenfikasi bentuk latihan untuk kelentukan ( persedian leher, tangan, lengan, pinggang lutut dan kaki )
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan idenfikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan ( untuk badan bagian atas dan bawah ) secara berpasangan kelompok.
b. Siswa dapat melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kelentukan ( persedian leher, tangan, lengan, pinggang, lutut dan kaki ) secara berpasangan atau berkelompok.
B. Materi Pembelajaran
Kebugaran jasmani
- Kekuatan dan daya tahan lengan, dada dan bahu
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Belajar tuntas
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan bentuk latihan kekuatan dan daya tahan badan bagian atas dan bawah lengan, bahu, dada.
- Melakukan bentuk latihan kelentukan persedian leher, tangan, lengan, pinggang, lutut dan kaki.
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Alat pencatat waktu ( stop watch )
- Buku teks
- Buku reverensi
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Melakukan senam kebugaran jasmani
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP / MTs :
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / I
Standar Kompetensi : 1. Mempraktekkan berbagai tehnik dasar permainan dan olahraga sereta nilai – nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 1.3 Mempraktekkan tehnik dasar atletik lanjutan serta niali toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Indikator : 1.3.1 Melakukan tehnik dasar start, lari dan finish secara berpasangan atau kelompok
1.3.2 Melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang dimodifikasi
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan tehnik dasar start berdiri, lari dan finish secara berpasangan atau berkelompok.
b. Siswa dapat melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai keberanian.
B. Materi Pembelajaran
Lari jarak jauh.
- Start berdiri
- Finish
- Berlomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Part and whole ( bagian dari keseluruhan )
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Posisi start berdiri
- Posisi dada saat finish
- Berlomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Alat pencatat waktu ( stop watch )
- Bendera start
- Buku teks
- Buku reverensi
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Melakukan lari 50 M
Mengetahui :
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP / MTs :
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / I
Standar Kompetensi : 3. Mempraktekkan rangkaian senam lantai dengan gerakan dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 3.1 Mempraktekkan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian dan keselamatan.
Indikator : 3.1.1 Melakukan gerak rangkai keseimbangan ( bertumpu pada kaki ) dilanjutkan dengan gerak meroda dan dilajutkan dengan gerak guling kedepan
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melakukan gerak rangkai keseimbangan ( bertumpu pada kaki ) dilajutkan dengan gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak guling kedepan secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai keberanian dan keselamatan.
B. Materi Pembelajaran
Senam lantai
Gerak rangkai keseimbangan
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Belajar tuntas
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan gerakan keseimbangan bertumpu pada satu kaki
- Melakukan gerak meroda dilanjutkan guling kedepan
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Matras
- Buku teks
- Buku reverensi
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Melakukan senam dasar
Mengetahui :
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP / MTs :
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / I
Standar Kompetensi : 6. Mempraktekkan dasar – dasar penjelajahan di alam bebas dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 6.1 Mempraktekkan rencana kegiatan penjelajahan
Indikator : 6.1.1 Pembuatan perencanaan, dasar – dasar kegiatan penjelajahan di alam bebas.
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melakukan pembuatan perencanaan, dasar – dasar kegiatan penejelajahan di alam bebas.
B. Materi Pembelajaran
Pendidikan di luar kelas
Penjelajahan di alam bebas.
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Part and whole ( bagian dan keseluruhan )
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan perencanaan, dasar – dasar kegiatan penjelajahan di alam bebas.
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang aman
- Obat merah
- Obat gosok
- Tenda
- Alat – alat penjelajahan
- Buku teks
- Buku reverensi
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Melakukan senam dasar
Mengetahui :
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP / MTs :
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / I
Standar Kompetensi : 1. Mempraktekkan rangkaian senam lantai dengan gerakan dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 1.2 Mempraktekkan variasi dan kombinasi tehnik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan konsisten serta nilai kerjasama, toleransi , percaya diri, keberanian, mengahrgai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Indikator : 1.2.1 Melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar memegang raket forehand dan back hand untuk melakukan service dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik.
1.2.2 Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar memegang raket forehand untuk service dan pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok.
b. Siswa dapat bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan
B. Materi Pembelajaran
Permainan bulu tangkis
- Variasi dan kombinasi memegang raket forehand dan backhand untuk service
- Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Part and whole ( bagian dan keseluruhan )
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Memegang raket pukulan untuk variasi forehand dan backhand untuk service
- Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi secara berpasangan / kelompok
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Raket
- Suttle cock
- Net
- Buku teks
- Buku reverensi
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Melakukan tehnik dasar bulu tangkis
Mengetahui :
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP / MTs :
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / I
Standar Kompetensi : Mempraktekkan berbagai tehnk dasar permainan dan olah raga serta nilai – nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : Mempraktekkan variasi tehnik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola besar dengan baik dan nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian menghargai lawan bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Indikator : 1. Variasi dan kombinasi tehnik dasar ( menendang dan mengentikan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar ) serta menanam bola dengan kaki dengan koordinasi yang baik.
2. Variasi dan kombinasi tehnik dasar menggiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dan koordinasi yang baik secara berpasangan atau berkelompok.
3. Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi.
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan kombinasi tehnik dasar menendang, menghentikan bola dengan kaki bagian dalam, luar, telapak kaki, dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik secara beasangan atau berkelompok.
b. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar menggiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dan koordinasi yang baik secra berpasangan atau kelompok.
c. Siswa dapat bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerjasama atau toleransi
B. Materi Pembelajaran
Permainan sepak bola
- Kombinasi tehnik dasar menendang, menghentikan bola dengan kaki bagian dalam, luar, telapak kaki, dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
- Variasi tehnik dasar menggiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dan koordinasi yang baik
- Bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Part and whole
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Variasi dan kombinasi tehnik dasar ( menendang danmenghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar ) serta menahan bola dengan telapak kaki dengan koordinasi yang baik.
- Variasi dan kombinasi tehnik dasar menggiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dan koordinasi yang baik
- Bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Lapangan terbuka yang datar dan aman
- Peluit
- Bola kaki
- Stop watch
- Buku teks
- Buku reverensi
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Melakukan dasar permainan sepak bola
Mengetahui :
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP : 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 8. Mengembangkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 8.1. Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan tepat serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Indikator : 1. Variasi dan kombinasi teknik dasar ( menendang dan menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan telapak kaki.
2. Variasi dan kombinasi teknik dasar menggiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dengan tepat.
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit.
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar
( menendang, dan menghentikan bola dengan kaki begian dalam dan luar)
b. Siswa dapat melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menggiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki
B. Materi Pembelajaran
- Permainan Sepakbola
-
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Belajar Tuntas
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan bentuk latihan variasi dan kombinasi menendang dan
menghentikan bola dengan kaki bagian dalam dan luar dengan tepat secara
berpasangan dan kelompok.
- Melakukan bentuk latihan variasi dan kombinasi menggiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dengan tepat secara berpasangan atau kelompok.
- Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerjasama dan toleransi.
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Bola kaki dan cones
- Pluit
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Alat pencatat waktu ( stop wacth )
- Buku teks
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Lakukan variasi dan kombinasi menggiring,
menendang, menghentikan bola dengan kaki
bagian dalam, luar, punggung kaki dan telapak
kaki dengan tepat.
Mengetahui :
Kepala Sekolah,Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP : 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : XI / 2
Standar Kompetensi : 8. Mempraktekkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 8.1. Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Indikator : 1. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah bola voli dengan tepat
2. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah serta smash tanpa awalan dengan tepat.
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit.
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan
bawah bola voli dengan tepat.
b. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan
bawah serta smash tanpa awalan dengan tepat.
B. Materi Pembelajaran
- Permainan Bola Voli
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Belajar Tuntas
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah
dan atas dengan tepat
- Melakukan bentuk latihan kombinasi teknik dasar passing bawah dan atas serta smash tanpa awalan dengan tepat
- Melakukan permainan dengan peraturan yang dimodifikasi.
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Bola voli dan cones
- Pluit
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Alat pencatat waktu ( stop wach )
- Buku teks
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
passing atas dan bawah serta smash tanpa awalan.
Mengetahui :
Kepala Sekolah,Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP : 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 8. Mempraktekkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 8.1. Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Indikator : 1. Kombinasi teknik dasar passing (dada,pantul dan dari atas kepala) dengan tepat
2. Kombinasi teknik dasar menggiring, shooting (dengan dua tangan dari atas depan kepala) dan lay-up shoot dengan tepat.
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit.
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan latihan kombinasi teknik dasar passing, (dada,pantul
dan dari atas kepala) dengan tepat.
b. Siswa dapat melakukan latihan kombinasi menggiring bola, shooting ( dengan
dua tangan dari depan atas kepala) dan lay-up shoot dengan tepat.
B. Materi Pembelajaran
- Permainan Bola Basket
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Belajar Tuntas
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan bentuk latihan kombinasi teknik dasar passing bola dari dada,
pantul ,dan atas kepala dengan tepat.
- Melakukan bentuk latihan kombinasi teknik dasar menggiring, shooting
(dengan dua tangan dari atas depan kepala) dan lay-up shoot dengan tepat.
- Melakukan bentuk permainan dengan peraturan yang dimodifikasi.
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Bola Basket dan cones
- Pluit
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Alat pencatat waktu ( stop wacth )
- Buku teks
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Lakukan kombinasi teknik dasar passing (dada,
pantul dan dari atas kepala), menggiring, shooting
dan lay up shoot.
Mengetahui :
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP : 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 8. Mempraktekkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 8.2. Mempraktekkan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan tepat serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Indikator : 1. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand dengan tepat.
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit.
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang
raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand
dan backhand dengan tepat.
B. Materi Pembelajaran
- Permainan Bulu Tangkis
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Belajar Tuntas
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan bentuk latihan variasi dan kombinasi pegangan raket forehand dan
backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand
dengan tepat
- Melakukan bentuk permainan peraturan yang dimodifikasi.
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Raket dan shutlecook.
- Pluit
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Alat pencatat waktu ( stop watch )
- Buku teks
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
memegang raket forehand dan backhand untuk
melakukan servis dan pukulan forehand dan
backhand.
Mengetahui :
Kepala Sekolah,Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP : 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 9. Mempraktekkan tes kebugaran secara sederhana.
Kompetensi Dasar : 9.1. Mempraktekkan tes kesegaran jasmani secara sederhana.
8.2. Melakukan interpretasi secara sederhana hasil tes dalam
menentukan derajat kebugaran.
Indikator : 1. Melakukan tes kelenturan.
2. Melakukan tes kekuatan otot tangan.
3. Melakukan tes daya ledak otot.
4. Melakukan tes lari jarak 2,4 km.
5. Melakukan pencocokan hasil tes pada tabel yang telah menjadi dasar acuan seperti (cooper).
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit.
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan tes kelenturan.
b. Siswa dapat melakukan tes kekuatan otot tangan.
c. Siswa dapat melakukan tes daya ledak otot.
d. Siswa dapat melakukan tes lari jarak 2,4 km.
e. Siswa dapat melakukan pencocokan hasil tes pada tabel yang telah menjadi
dasar acuan seperti (cooper).
B. Materi Pembelajaran
- Kebugaran Jasmani
-
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Belajar Tuntas
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan tes kelenturan, tes kekuatan otot tangan, tes daya ledak otot dan
melakukan tes lari jarak 2,4 km.
- Melakukan pencocokan hasil tes pada tabel yang telah menjadi dasar acuan
seperti ( cooper ).
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa
dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Cones, papan skala, peluit.
- Lapangan terbuka
- Alat pencatat waktu ( stop watch )
- Buku teks
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Lakukan tes kelenturan, kekuatan otot tangan dan
daya ledak otot serta lari 2,4 km.
Mengetahui :
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP : 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 10. Mempraktekkan rangkaian gerak senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 10.1. Mempraktekkan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerjasama, disiplin, keberanian dan keselamatan.
10.2. Mempraktikkan beberapa rangkaian senam lantai serta nilai percaya diri dan disiplin.
Indikator : 1. Melakukan gerak rangkaian keseimbangan (bertumpu pada kaki/ selain kaki) dilanjutkan guling kedepan, guling lenting dan guling kebelakang.
2. Melakukan gerak rangkai lompat harimau melalui box, guling depan dan dilanjutkan dengan guling lenting.
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit.
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan rangkaian keseimbangan (bertumpu pada kaki/ selain
kaki) dilanjutkan guling depan, guling lenting dan guling kebelakang.
b. Siswa dapat melakukan rangkaian lompat harimau melalui box, guling depan
dan dilanjutkan dengan guling lenting.
B. Materi Pembelajaran
- Uji Diri/ Senam Lantai
-
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Belajar Tuntas
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan latihan rangkaian gerak keseimbangan (bertumpu pada kaki/
selain kaki) dilanjutkan guling kedepan, guling lenting dan guling kebelakang.
- Melakukan latihan rangkaian gerak lompat harimau melalui box, guling depan
dilanjutkan dengan guling lenting.
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa
dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Matras
- Pluit
- Alat pencatat waktu ( stop watch )
- Buku teks
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Lakukan gerak rangkaian keseimbangan
(bertumpu pada kaki) dilanjutkan guling kedepan,
guling lenting dan guling kebelakang.
: Lakukan gerak rangkai lompat harimau melalui
box, guiling depan dan dilanjutkan dengan guling
lenting.
Mengetahui :
Kepala Sekolah,Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP : 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 11. Mempraktekkan senam irama dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar : 11.1 Mempraktikkan gerak berirama tanpa alat dengan
Koordinasi yang benar serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika.
11.2 Mempraktikkan gerak rangkai senam irama menggunakan alat dengan koordinasi serta nilai kedisiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika.
Indikator : 1. Melakukan gerak rangkaian ayunan satu lengan dan dua
lengan dengan gerak langkah kaki (biasa, rapat dan keseimbangan).
2. Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,
samping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik.
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit.
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerak rangkaiian ayunan satu lengan dan dua lengan
dengan gerak langkah kaki (biasa, rapat dan keseimbangan).
b. Siswa dapat melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan, samping dan
belakang dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik.
B. Materi Pembelajaran
- Senam Irama
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Belajar Tuntas
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan latihan gerak rangkaian ayunan satu lengan dan dua lengan dengan
gerak langkah kaki (biasa,rapat dan keseimbangan).
- Melakukan latihan gerak rangkaian mengayun tongkat depan, samping dan
belakang dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik.
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa
dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Lapangan terbuka yang datar
- Tongkat dari kayu
- Pluit
- Alat pencatat waktu ( stop wach )
- Buku teks
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Lakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan
dua lengan dengan gerak langkah kaki (biasa, rapat
dan keseimbangan).
Mengetahui :
Kepala Sekolah,Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP : SMP 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 12. Mempraktekkan tehnik kecakapan teknik dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 12.1 Mempraktekkan koordinasi teknik dasar gerakan kaki, lengan, renang gaya punggung dalam jarak tertentu serta nilai disiplin keberanian dan kebersihan.
12.2 Mempraktekkan koordinasi tehnik dasar renang gaya
punggung dalam jarak tertentu serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan.
Indikator : 1. Melakukan koordinasi teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan renang gaya punggung.
2. Melakukan koordinasi teknik dasar renang gaya punggung ( renang memenpuh jarak 10m, 20m dan dilanjutkan dengan jarak 25m ).
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan koordinasi teknik dasar gerakan kaki, lengan, dan pernafasan renang gaya punggung dengan jarak tertentu.
b. Siswa dapat melakukukan koordinasi teknik dasar renang gaya punggung (renang menempuh jarak 10m, 20m, dan dilanjutkan jarak 25m ).
B. Materi Pembelajaran
Renang Gaya Punggung
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Part and whole ( bagian dan keseluruhan )
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Gerakkan kaki, lengan dan pernafasan ranang gaya punggung dengan jarak tertentu untuk menanamkan nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
Pertemuan kedua.
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan koordinasi teknik dasar renang gaya punggung ( renang menempuh jarak 10m, 20m, dan dilanjutkan jarak 25m ).
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Kolam renang
- Buku teks
- Buku reverensi
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Lakukan koordinasi teknik dasar renang gaya
punggung dengan menempuh jarak 10m, 20m dan
dalanjutkan jarak 25m.
Mengetahui :
Kepala Sekolah,Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP : SMP 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 13. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar : 13.1 Melakukan identifikasi bahaya sex bebas.
12.2 Menolak budaya sex bebas
Indikator : 1. Jenis penyakit kelamin (Gonorrhoea, syphilis, AIDS)
2. Penyebab penyakit kelamin.
3. Gejala penyakit kelamin.
4. Melakukan identifikasi penyebab bencana penyakit kelamin.
5. Penolakan terhadap penyakit sex.
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit ( 1 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat meyebutkan jenis penyakit kelamin.
b. Siswa dapat menyebutkan penyebab penyakit kelamin.
c. Siswa dapat menyebutkan gejala penyakit kelamin.
d. Siswa dapat melakukan identifikasi penyebab bencana penyakit kelamin.
e. Siswa dapat melakukan penolakan terhadap penyakit kelamin.
B. Materi Pembelajaran
Kesehatan
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Siswa berdoa, absensi, apersepsi
- Pemberian motifasi dan menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran
- Siswa menyebutkan jenis-jenis penyakit kelamin (gonorrhoea, syphilis, AIDS)
- Siswa meyebutkan penyebab penyakit kelamin.
- Siswa menyebutkan gejala penyakit kelamin.
- Siswa melakukan identifikasi penyebab bencana penyakit kelamin.
- Siswa melakukan penolakan terhadap penyakit sex (menghindari pergaulan bebas dan patuh terhadap norma-norma agama).
- Tanya jawab, evaluasi dan tugas-tugas
- Berdoa dan selesai.
E. Sumber Belajar
- VCD
- Buku teks
- Buku reverensi
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Tes tertulis
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : 1. Sebutkan jenis, penyebab, dan gejala penyakit
kelamin.
2. Sebutkan bagaimana cara melakukan penolakan
terhadap budaya sex bebas.
Skor point no 1 benar semua : nilai 50
Skor point no 2 benar semua : nilai 50
Mengetahui :
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
SMP / MTs :
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / I
Standar Kompetensi : 5. Mempraktekkan tehnik dasar renang gaya punggung dan nilai – nilai yang tekandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 5.1 Mempraktekkan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya punggung serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
5.2 Mempraktekkan tehnk dasar gerakan lengan renang gaya punggung serta nilai displin , keberanian dan kebersihan
5.3 Mempraktekkan tehnik dasar pernafasan renang gaya punggung serta nilai disiplin , keberanian dan kebersihan.
Indikator : 5.1.1 Melakukan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya punggung
5.2.1 Melakukan tehnik dasar gerakan lengan renang gaya punggung
5.3.2 Melakukan tehnik dasar pernafasan renag gaya punggung
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan tehnik dasar gerakan kaki renanga gaya punggung secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai keberanian dan kebersihan
b. Siswa dapat dapat melakukan tehnik dasar gerakkan lengan renag gaya punggung secra berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai keberanian dan kebersihan
c. Siswa dapat melakukan tehnik dasar pernafasan renang gaya punggung secara berpasangan untuk menanamkan nilai keberanian dan kebersihan.
B. Materi Pembelajaran
Renang gaya punggung
- Gerakan kaki
- Gerakan lengan
- Tehnik dasar pernafasan
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Part and whole ( bagian dan keseluruhan )
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama.
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Gerakan kaki / meluncur pandang mengadap keatas
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
Pertemuan kedua
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Gerakan lengan
- Tehnik dasar pernafasan
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
Pertemuan ketiga
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Kombinasi gerakan kaki, gerakan lengan dan pernafasan
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Kolam renag
- Buku teks
- Buku reverensi
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Melakukan renang gaya dada
Mengetahui :
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP / MTs :
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / I
Standar Kompetensi : 2. Mempraktekkan jenis latihan bebas dengan alat sederhana untuk meningkatkan kebugaran dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 2.1 Mempraktekkan jenis – jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan.
Indikator : 2.1.1 Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan ( untuk badan bagian bawah )
2.1.2 Melakukan idenfikasi bentuk latihan untuk kelentukan ( persedian leher, tangan, lengan, pinggang lutut dan kaki )
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan idenfikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan ( untuk badan bagian atas dan bawah ) secara berpasangan kelompok.
b. Siswa dapat melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kelentukan ( persedian leher, tangan, lengan, pinggang, lutut dan kaki ) secara berpasangan atau berkelompok.
B. Materi Pembelajaran
Kebugaran jasmani
- Kekuatan dan daya tahan lengan, dada dan bahu
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Belajar tuntas
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan bentuk latihan kekuatan dan daya tahan badan bagian atas dan bawah lengan, bahu, dada.
- Melakukan bentuk latihan kelentukan persedian leher, tangan, lengan, pinggang, lutut dan kaki.
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Alat pencatat waktu ( stop watch )
- Buku teks
- Buku reverensi
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Melakukan senam kebugaran jasmani
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP / MTs :
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / I
Standar Kompetensi : 1. Mempraktekkan berbagai tehnik dasar permainan dan olahraga sereta nilai – nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 1.3 Mempraktekkan tehnik dasar atletik lanjutan serta niali toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Indikator : 1.3.1 Melakukan tehnik dasar start, lari dan finish secara berpasangan atau kelompok
1.3.2 Melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang dimodifikasi
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan tehnik dasar start berdiri, lari dan finish secara berpasangan atau berkelompok.
b. Siswa dapat melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai keberanian.
B. Materi Pembelajaran
Lari jarak jauh.
- Start berdiri
- Finish
- Berlomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Part and whole ( bagian dari keseluruhan )
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Posisi start berdiri
- Posisi dada saat finish
- Berlomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Alat pencatat waktu ( stop watch )
- Bendera start
- Buku teks
- Buku reverensi
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Melakukan lari 50 M
Mengetahui :
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP / MTs :
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / I
Standar Kompetensi : 3. Mempraktekkan rangkaian senam lantai dengan gerakan dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 3.1 Mempraktekkan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian dan keselamatan.
Indikator : 3.1.1 Melakukan gerak rangkai keseimbangan ( bertumpu pada kaki ) dilanjutkan dengan gerak meroda dan dilajutkan dengan gerak guling kedepan
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melakukan gerak rangkai keseimbangan ( bertumpu pada kaki ) dilajutkan dengan gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak guling kedepan secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai keberanian dan keselamatan.
B. Materi Pembelajaran
Senam lantai
Gerak rangkai keseimbangan
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Belajar tuntas
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan gerakan keseimbangan bertumpu pada satu kaki
- Melakukan gerak meroda dilanjutkan guling kedepan
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Matras
- Buku teks
- Buku reverensi
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Melakukan senam dasar
Mengetahui :
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP / MTs :
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / I
Standar Kompetensi : 6. Mempraktekkan dasar – dasar penjelajahan di alam bebas dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 6.1 Mempraktekkan rencana kegiatan penjelajahan
Indikator : 6.1.1 Pembuatan perencanaan, dasar – dasar kegiatan penjelajahan di alam bebas.
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melakukan pembuatan perencanaan, dasar – dasar kegiatan penejelajahan di alam bebas.
B. Materi Pembelajaran
Pendidikan di luar kelas
Penjelajahan di alam bebas.
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Part and whole ( bagian dan keseluruhan )
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan perencanaan, dasar – dasar kegiatan penjelajahan di alam bebas.
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang aman
- Obat merah
- Obat gosok
- Tenda
- Alat – alat penjelajahan
- Buku teks
- Buku reverensi
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Melakukan senam dasar
Mengetahui :
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP / MTs :
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / I
Standar Kompetensi : 1. Mempraktekkan rangkaian senam lantai dengan gerakan dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 1.2 Mempraktekkan variasi dan kombinasi tehnik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan konsisten serta nilai kerjasama, toleransi , percaya diri, keberanian, mengahrgai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Indikator : 1.2.1 Melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar memegang raket forehand dan back hand untuk melakukan service dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik.
1.2.2 Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar memegang raket forehand untuk service dan pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok.
b. Siswa dapat bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan
B. Materi Pembelajaran
Permainan bulu tangkis
- Variasi dan kombinasi memegang raket forehand dan backhand untuk service
- Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Part and whole ( bagian dan keseluruhan )
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Memegang raket pukulan untuk variasi forehand dan backhand untuk service
- Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi secara berpasangan / kelompok
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Raket
- Suttle cock
- Net
- Buku teks
- Buku reverensi
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Melakukan tehnik dasar bulu tangkis
Mengetahui :
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP / MTs :
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / I
Standar Kompetensi : Mempraktekkan berbagai tehnk dasar permainan dan olah raga serta nilai – nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : Mempraktekkan variasi tehnik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola besar dengan baik dan nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian menghargai lawan bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Indikator : 1. Variasi dan kombinasi tehnik dasar ( menendang dan mengentikan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar ) serta menanam bola dengan kaki dengan koordinasi yang baik.
2. Variasi dan kombinasi tehnik dasar menggiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dan koordinasi yang baik secara berpasangan atau berkelompok.
3. Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi.
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan kombinasi tehnik dasar menendang, menghentikan bola dengan kaki bagian dalam, luar, telapak kaki, dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik secara beasangan atau berkelompok.
b. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar menggiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dan koordinasi yang baik secra berpasangan atau kelompok.
c. Siswa dapat bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerjasama atau toleransi
B. Materi Pembelajaran
Permainan sepak bola
- Kombinasi tehnik dasar menendang, menghentikan bola dengan kaki bagian dalam, luar, telapak kaki, dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
- Variasi tehnik dasar menggiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dan koordinasi yang baik
- Bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Part and whole
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Variasi dan kombinasi tehnik dasar ( menendang danmenghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar ) serta menahan bola dengan telapak kaki dengan koordinasi yang baik.
- Variasi dan kombinasi tehnik dasar menggiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dan koordinasi yang baik
- Bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Lapangan terbuka yang datar dan aman
- Peluit
- Bola kaki
- Stop watch
- Buku teks
- Buku reverensi
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Melakukan dasar permainan sepak bola
Mengetahui :
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP : 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 8. Mengembangkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 8.1. Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan tepat serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Indikator : 1. Variasi dan kombinasi teknik dasar ( menendang dan menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan telapak kaki.
2. Variasi dan kombinasi teknik dasar menggiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dengan tepat.
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit.
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar
( menendang, dan menghentikan bola dengan kaki begian dalam dan luar)
b. Siswa dapat melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menggiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki
B. Materi Pembelajaran
- Permainan Sepakbola
-
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Belajar Tuntas
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan bentuk latihan variasi dan kombinasi menendang dan
menghentikan bola dengan kaki bagian dalam dan luar dengan tepat secara
berpasangan dan kelompok.
- Melakukan bentuk latihan variasi dan kombinasi menggiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dengan tepat secara berpasangan atau kelompok.
- Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerjasama dan toleransi.
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Bola kaki dan cones
- Pluit
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Alat pencatat waktu ( stop wacth )
- Buku teks
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Lakukan variasi dan kombinasi menggiring,
menendang, menghentikan bola dengan kaki
bagian dalam, luar, punggung kaki dan telapak
kaki dengan tepat.
Mengetahui :
Kepala Sekolah,Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP : 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : XI / 2
Standar Kompetensi : 8. Mempraktekkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 8.1. Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Indikator : 1. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah bola voli dengan tepat
2. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah serta smash tanpa awalan dengan tepat.
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit.
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan
bawah bola voli dengan tepat.
b. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan
bawah serta smash tanpa awalan dengan tepat.
B. Materi Pembelajaran
- Permainan Bola Voli
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Belajar Tuntas
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah
dan atas dengan tepat
- Melakukan bentuk latihan kombinasi teknik dasar passing bawah dan atas serta smash tanpa awalan dengan tepat
- Melakukan permainan dengan peraturan yang dimodifikasi.
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Bola voli dan cones
- Pluit
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Alat pencatat waktu ( stop wach )
- Buku teks
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
passing atas dan bawah serta smash tanpa awalan.
Mengetahui :
Kepala Sekolah,Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP : 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 8. Mempraktekkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 8.1. Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Indikator : 1. Kombinasi teknik dasar passing (dada,pantul dan dari atas kepala) dengan tepat
2. Kombinasi teknik dasar menggiring, shooting (dengan dua tangan dari atas depan kepala) dan lay-up shoot dengan tepat.
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit.
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan latihan kombinasi teknik dasar passing, (dada,pantul
dan dari atas kepala) dengan tepat.
b. Siswa dapat melakukan latihan kombinasi menggiring bola, shooting ( dengan
dua tangan dari depan atas kepala) dan lay-up shoot dengan tepat.
B. Materi Pembelajaran
- Permainan Bola Basket
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Belajar Tuntas
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan bentuk latihan kombinasi teknik dasar passing bola dari dada,
pantul ,dan atas kepala dengan tepat.
- Melakukan bentuk latihan kombinasi teknik dasar menggiring, shooting
(dengan dua tangan dari atas depan kepala) dan lay-up shoot dengan tepat.
- Melakukan bentuk permainan dengan peraturan yang dimodifikasi.
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Bola Basket dan cones
- Pluit
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Alat pencatat waktu ( stop wacth )
- Buku teks
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Lakukan kombinasi teknik dasar passing (dada,
pantul dan dari atas kepala), menggiring, shooting
dan lay up shoot.
Mengetahui :
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP : 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 8. Mempraktekkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 8.2. Mempraktekkan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan tepat serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Indikator : 1. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand dengan tepat.
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit.
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang
raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand
dan backhand dengan tepat.
B. Materi Pembelajaran
- Permainan Bulu Tangkis
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Belajar Tuntas
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan bentuk latihan variasi dan kombinasi pegangan raket forehand dan
backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand
dengan tepat
- Melakukan bentuk permainan peraturan yang dimodifikasi.
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Raket dan shutlecook.
- Pluit
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Alat pencatat waktu ( stop watch )
- Buku teks
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
memegang raket forehand dan backhand untuk
melakukan servis dan pukulan forehand dan
backhand.
Mengetahui :
Kepala Sekolah,Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP : 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 9. Mempraktekkan tes kebugaran secara sederhana.
Kompetensi Dasar : 9.1. Mempraktekkan tes kesegaran jasmani secara sederhana.
8.2. Melakukan interpretasi secara sederhana hasil tes dalam
menentukan derajat kebugaran.
Indikator : 1. Melakukan tes kelenturan.
2. Melakukan tes kekuatan otot tangan.
3. Melakukan tes daya ledak otot.
4. Melakukan tes lari jarak 2,4 km.
5. Melakukan pencocokan hasil tes pada tabel yang telah menjadi dasar acuan seperti (cooper).
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit.
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan tes kelenturan.
b. Siswa dapat melakukan tes kekuatan otot tangan.
c. Siswa dapat melakukan tes daya ledak otot.
d. Siswa dapat melakukan tes lari jarak 2,4 km.
e. Siswa dapat melakukan pencocokan hasil tes pada tabel yang telah menjadi
dasar acuan seperti (cooper).
B. Materi Pembelajaran
- Kebugaran Jasmani
-
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Belajar Tuntas
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan tes kelenturan, tes kekuatan otot tangan, tes daya ledak otot dan
melakukan tes lari jarak 2,4 km.
- Melakukan pencocokan hasil tes pada tabel yang telah menjadi dasar acuan
seperti ( cooper ).
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa
dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Cones, papan skala, peluit.
- Lapangan terbuka
- Alat pencatat waktu ( stop watch )
- Buku teks
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Lakukan tes kelenturan, kekuatan otot tangan dan
daya ledak otot serta lari 2,4 km.
Mengetahui :
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP : 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 10. Mempraktekkan rangkaian gerak senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 10.1. Mempraktekkan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerjasama, disiplin, keberanian dan keselamatan.
10.2. Mempraktikkan beberapa rangkaian senam lantai serta nilai percaya diri dan disiplin.
Indikator : 1. Melakukan gerak rangkaian keseimbangan (bertumpu pada kaki/ selain kaki) dilanjutkan guling kedepan, guling lenting dan guling kebelakang.
2. Melakukan gerak rangkai lompat harimau melalui box, guling depan dan dilanjutkan dengan guling lenting.
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit.
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan rangkaian keseimbangan (bertumpu pada kaki/ selain
kaki) dilanjutkan guling depan, guling lenting dan guling kebelakang.
b. Siswa dapat melakukan rangkaian lompat harimau melalui box, guling depan
dan dilanjutkan dengan guling lenting.
B. Materi Pembelajaran
- Uji Diri/ Senam Lantai
-
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Belajar Tuntas
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan latihan rangkaian gerak keseimbangan (bertumpu pada kaki/
selain kaki) dilanjutkan guling kedepan, guling lenting dan guling kebelakang.
- Melakukan latihan rangkaian gerak lompat harimau melalui box, guling depan
dilanjutkan dengan guling lenting.
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa
dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Matras
- Pluit
- Alat pencatat waktu ( stop watch )
- Buku teks
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Lakukan gerak rangkaian keseimbangan
(bertumpu pada kaki) dilanjutkan guling kedepan,
guling lenting dan guling kebelakang.
: Lakukan gerak rangkai lompat harimau melalui
box, guiling depan dan dilanjutkan dengan guling
lenting.
Mengetahui :
Kepala Sekolah,Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP : 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 11. Mempraktekkan senam irama dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar : 11.1 Mempraktikkan gerak berirama tanpa alat dengan
Koordinasi yang benar serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika.
11.2 Mempraktikkan gerak rangkai senam irama menggunakan alat dengan koordinasi serta nilai kedisiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika.
Indikator : 1. Melakukan gerak rangkaian ayunan satu lengan dan dua
lengan dengan gerak langkah kaki (biasa, rapat dan keseimbangan).
2. Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,
samping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik.
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit.
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerak rangkaiian ayunan satu lengan dan dua lengan
dengan gerak langkah kaki (biasa, rapat dan keseimbangan).
b. Siswa dapat melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan, samping dan
belakang dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik.
B. Materi Pembelajaran
- Senam Irama
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Belajar Tuntas
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan latihan gerak rangkaian ayunan satu lengan dan dua lengan dengan
gerak langkah kaki (biasa,rapat dan keseimbangan).
- Melakukan latihan gerak rangkaian mengayun tongkat depan, samping dan
belakang dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik.
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa
dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Lapangan terbuka yang datar
- Tongkat dari kayu
- Pluit
- Alat pencatat waktu ( stop wach )
- Buku teks
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Lakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan
dua lengan dengan gerak langkah kaki (biasa, rapat
dan keseimbangan).
Mengetahui :
Kepala Sekolah,Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP : SMP 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 12. Mempraktekkan tehnik kecakapan teknik dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 12.1 Mempraktekkan koordinasi teknik dasar gerakan kaki, lengan, renang gaya punggung dalam jarak tertentu serta nilai disiplin keberanian dan kebersihan.
12.2 Mempraktekkan koordinasi tehnik dasar renang gaya
punggung dalam jarak tertentu serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan.
Indikator : 1. Melakukan koordinasi teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan renang gaya punggung.
2. Melakukan koordinasi teknik dasar renang gaya punggung ( renang memenpuh jarak 10m, 20m dan dilanjutkan dengan jarak 25m ).
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan koordinasi teknik dasar gerakan kaki, lengan, dan pernafasan renang gaya punggung dengan jarak tertentu.
b. Siswa dapat melakukukan koordinasi teknik dasar renang gaya punggung (renang menempuh jarak 10m, 20m, dan dilanjutkan jarak 25m ).
B. Materi Pembelajaran
Renang Gaya Punggung
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Demontrasi
- Part and whole ( bagian dan keseluruhan )
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Gerakkan kaki, lengan dan pernafasan ranang gaya punggung dengan jarak tertentu untuk menanamkan nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
Pertemuan kedua.
- Berbaris, berdoa, presensi , apersepsi dan pemanasan.
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan koordinasi teknik dasar renang gaya punggung ( renang menempuh jarak 10m, 20m, dan dilanjutkan jarak 25m ).
- Pendinginan, berbaris, tugas – tugasnya evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Kolam renang
- Buku teks
- Buku reverensi
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Unjuk kerja
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : Lakukan koordinasi teknik dasar renang gaya
punggung dengan menempuh jarak 10m, 20m dan
dalanjutkan jarak 25m.
Mengetahui :
Kepala Sekolah,Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMP : SMP 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 13. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar : 13.1 Melakukan identifikasi bahaya sex bebas.
12.2 Menolak budaya sex bebas
Indikator : 1. Jenis penyakit kelamin (Gonorrhoea, syphilis, AIDS)
2. Penyebab penyakit kelamin.
3. Gejala penyakit kelamin.
4. Melakukan identifikasi penyebab bencana penyakit kelamin.
5. Penolakan terhadap penyakit sex.
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit ( 1 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat meyebutkan jenis penyakit kelamin.
b. Siswa dapat menyebutkan penyebab penyakit kelamin.
c. Siswa dapat menyebutkan gejala penyakit kelamin.
d. Siswa dapat melakukan identifikasi penyebab bencana penyakit kelamin.
e. Siswa dapat melakukan penolakan terhadap penyakit kelamin.
B. Materi Pembelajaran
Kesehatan
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive ( cakupan )
- Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
- Reciprocal ( Timbal balik )
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Siswa berdoa, absensi, apersepsi
- Pemberian motifasi dan menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran
- Siswa menyebutkan jenis-jenis penyakit kelamin (gonorrhoea, syphilis, AIDS)
- Siswa meyebutkan penyebab penyakit kelamin.
- Siswa menyebutkan gejala penyakit kelamin.
- Siswa melakukan identifikasi penyebab bencana penyakit kelamin.
- Siswa melakukan penolakan terhadap penyakit sex (menghindari pergaulan bebas dan patuh terhadap norma-norma agama).
- Tanya jawab, evaluasi dan tugas-tugas
- Berdoa dan selesai.
E. Sumber Belajar
- VCD
- Buku teks
- Buku reverensi
F. Penilaian
- Bentuk instrument : Tes tertulis
- Jenis tagihan : Test pelaksanaan
- Butir Instrument : 1. Sebutkan jenis, penyebab, dan gejala penyakit
kelamin.
2. Sebutkan bagaimana cara melakukan penolakan
terhadap budaya sex bebas.
Skor point no 1 benar semua : nilai 50
Skor point no 2 benar semua : nilai 50
Mengetahui :
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
Langganan:
Postingan (Atom)